Pembelajaran Intensifikasi Bahasa

Deskripsi Umum

A. Bentuk Operasional

1 Program Pembelajaran Bahasa Arab Intensif merupakan pengganti salah satu mata kuliah komponen MKU yaitu mata kuliah Bahasa Arab I (4 sks) dan Bahasa Arab II (4 sks).
2 Program Pembelajaran Bahasa Inggris Intensif merupakan pengganti salah satu mata kuliah komponen MKU yaitu mata kuliah Bahasa Inggris I (4 sks) dan Bahasa Inggris II (4 sks).
3 Program Pembelajaran Bahasa Arab Intensif dilaksanakan selama 1 tahun (semester I & II).
4 Program Pembelajaran Bahasa Inggris Intensif dilaksanakan selama 1 tahun (semester III dan IV).
5 Program ini mengadakan placement test untuk menentukan pembagian kelompok dan untuk mempermudah pelaksanaan PBM.
6 Kelas dibagi dalam kelompok-kelompok kecil yang terdiri dari 20 s/d 25 orang perkelas serara lintas Jurusan dan lintas Prodi sesuai dengan hasil placement test.
7 Program Bahasa Arab dilaksanakan 4 pertemuan tiap minggu, selama 2 hari (Sabtu dan Minggu). Sehingga dalam satu semester jumlah pertemuan sebanyak 64 s/d 70 pertemuan.
8 Program Bahasa Inggris dilaksanakan 4 pertemuan tiap minggu, selam 2 hari (Sabtu dan Minggu). Sehingga dalam satu semester jumlah pertemuan sebanyak 64 s/d 70 pertemuan.
9 Tenaga pendidik yang mengajar dalam program ini adalah Tim Dosen Luar Biasa/Tutor dari PPB.
10 Dalam program ini diupayakan tidak ada kelas kosong (karena tidak ada dosen), oleh karena itu PPB menyiapkan dosen piket.
11 Bagi mahasiswa yang gagal (belum lulus) pada Bahasa Arab I (semester I) dan Bahasa Arab II (semester II) dan Bahasa Inggris I (semester III) dan Bahasa Inggris II (semester IV), UPT LPB memberi kesempatan untuk mengikuti pembelajaran tambahan (remedial teaching) sebanyak 15 s/d 20 kali tatap muka yang dilaksanakan pada semester antara.
12 Bagi mahasiswa yang lulus Bahasa Arab I (semester I) dan Bahasa Arab II (semester II) dan Bahasa Inggris I (semester III) dan Bahasa Inggris II (semester IV), akan diuji TOEFL dan TOAFL dan kepada yang bersangkutan akan diberikan sertifikat TOEFL dan TOAFL oleh UPT PPB.

B. Materi/Kurikulum

1 Digunakan dalam bahasa Arab adalah modifikasi dari buku al-Arabiyyah li al-Nasyi’in jilid I - 4 dan al-Arabiyah bain Yadaik jilid 1- 2 ditambah dengan materi qira'at al-Quran.
2 Materi yang digunakan bahasa Inggris adalah ramuan dari buku Learn to Speak English dan Fundamental of Engilsh Grammar, Say the right thing! : A Funtional Approach to Developing Speaking Skill, English Grammar in Use, Exercises in Verb Patterns, Guide to Patterns and Usages in English, dan lain-lain.

C. Evaluasi

1 Evaluasi (Ujian) dilaksanakan secara integral untuk semua jenis kemahiran bahasa, untuk semua peserta dengan model yang sama pada kompetensi kebahasaan yang sesuai dengan levelnya, dan diberikan dalam bentuk lisan dan tulisan.
2 Ujian dilaksanakan dua kali per semester, yaitu Uji Kompetensi I (UK I) dan Uji Kompetensi II (UK II).
3 Yang berhak mengikuti ujian adalah mahasiswa yang kehadirannya tidak kurang dari 75%. Mahasiswa yang kehadirannya kurang dari 75% tidak berhak mengikuti ujian dan dianggap tidak mengambil mata kuliah bahasa Arab atau bahasa Inggris.
4 Nilai akhir adalah gabungan dari hasil UAS, UTS, kreatifitas kelas dan wajib manzili (home work).

D. Prosentase Penilaian

1 Presentasi 5%
2 Kreativitas Kelas 10%
3 Uji Kompetensi I 25%
4 Uji Kompetensi II 50%
5 Wajib Manzil (Home Work) 10%

Total

100%